Penyebab Peneumonia Pada Anak dan Dewasa

      No Comments on Penyebab Peneumonia Pada Anak dan Dewasa

Terlahir secara prematur bukan satu-satunya penyebab pneumonia pada anak. Masih ada beberapa faktor lainnya. Pun yang terjadi pada orang dewasa.

Bagi Anda yang ingin mengetahuinya, berikut telah kami rangkum beberapa kondisi yang dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena pneumonia.

Penyebab Peneumonia

Tahu penyebabnya dapat membantu upaya pencegahan yang Anda lakukan mendapatkan hasil yang optimal. Karena, kita jadi tahu apa saja yang harus dihindari.

Penyebab Pneumonia

Penyebab utama dari penyakit pneumonia ini adalah infeksi bakteri, jamur, dan virus. Penyebab pneumonia tersebut bisa masuk ke dalam paru paru pasien melalui udara yang dihirup.

Tidak hanya melalui udara saat seseorang yang telah terinfeksi bersin atau batuk, bakteri dan virus tersebut juga dapat dikeluarkan dengan mudah saat seseorang bernapas.

Nah, untuk menghindarinya, Anda bisa menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan.

Nah, bagi Anda yang terinfeksi, untuk meminimalisir penyebaran virus atau bakteri penyebab pneumonia bisa menutup mulut dengan saputangan atau lengan ketika batuk atau bersin.

Penyebab Peneumonia Pada Anak dan Dewasa

Selain infeksi virus dan bakteri, masuh ada kondisi atau faktor lain yang membuat seseorang berisiko terkena penyakit penumonia.

Faktor risiko pneumonia secara umum ini meliputi:

1. Usia

Anak-anak yang berusia 0-2 tahun lebih berisiko untuk terkena penyakit peneumonia. Salah satu pemicunya karena sistem kekebalan tubuh mereka yang belum terbentuk secara sempurna. Sehingga, pertahanannya masih lemah.

Pun dengan lansia yang berusia di atas 65 tahun. Sistem pertahanan tubuh mereka untuk melawan infeksi bakteri atau virus penyebab pneumonia semakin melemah.

2. Merokok

Anda yang memiliki kebiasaan merokok juga memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena pneumonia. Merokok juga dapat menyebabkan lendir dan cairan menumpuk di dalam paru paru.

3. Memiliki riwayat penyakit tertentu

Menderita penyakit tertentu juga dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena penyakit pneumonia. Beberapa penyakit tersebut adalah : HIV dan AIDS, asma, fibrosis kistis, gagal jantung, dan diabetes.

Pernah memiliki riwayat penyakit stroke sebelumnya juga bisa meningkatkan risiko untuk terkena penyakit pneumonia ini.

Selain 3 faktor lain di atas, beberapa kondisi di bawah ini juga termasuk bagian dari faktor risiko atau penyebab pneumonia. Diantaranya:

  • Menggunakan obat-obatan tertentu seperti steroid
  • Sedang dirawat di rumah sakit, meskipun bukan akibat penyakit pneumonia
  • Sedang menjalani pengobatan kanker

Nah, itulah beberapa penyebab peneumonia pada anak dan dewasa yang sebaiknya Anda ketahui. Agar terhindar dari penyakit pneumonia, Anda bisa menghindari faktor-faktor di atas,

Memang, beberapa diantaranya tidak bisa dihindari. Namun, bisa diminimalisir dengan gaya hidup yang sehat, olahraga secara rutin, konsumsi makanan sehat dan seimbang, serta istirahat yang cukup dan mengelola stres.

Baca Juga : Cara Mengobati Pneumonia Secara Alami

Untuk mencegah pneumonia pada bayi, Anda bisa memberikan bayi Anda ASI eksklusif. ASI dapat membantu membentuk antibodi pada bayi.

Terima kasih sudah menyimak sampai akhir. Semoga, apa yang telah kami sampaikan di atas bisa bermanfaat, ya 🙂

SALAM SEHAT

Penyebab Peneumonia Pada Anak dan Dewasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *