Komplikasi Penyakit Emfisema Paru

      No Comments on Komplikasi Penyakit Emfisema Paru

Ada baiknya penyakit emfisema paru yang Anda derita segera diobati. Pasalnya, jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan komplikasi penyakit emfisema paru yang lebih parah.

Pada penderita emfisema paru, jaringan paru-paru mengalami kerusakan, termasuk kantung udara yang secara bertahap dapat hancur. Akibatnya, penderita emfisema paru akan mengalami sesak napas.

Komplikasi Penyakit Emfisema Paru

Sumber : Google Image

Semakin lama, emfisema yang Anda derita dapat mempengaruhi luas paru-paru yang akan semakin mengecil dan menyebabkan berkurangnya jumlah oksigen yang mencapai aliran darah.

Baca Juga : Penyebab Emfisema Paru

Selain dari sesak napas, pnderita emfisema paru juga dapat mengalami penurunan kualitas dalam menjalankan aktivitas sehari-hari secara bertahap, mengi (keluar suara saat bernapas), nyeri pada bagian dada, batuk dan mengalami penurunan berat badan.

Berikut Beberapa Komplikasi Penyakit Emfisema Paru yang Harus Anda Waspadai

Penyakit emfisema paru yang Anda atau anak Anda derita bisa menyebabkan komplikasi yang lebih berbahaya jika tidak segera di obati.

1. Pneumothorax

Kondisi dimana terjadinya penimbunan udara pada rongga pleura (dinding tipis di antara paru-paru dan rongga dada). Paru-paru pasien pneumothorax bisa mengalami pengempisan atau penusutan sampai kolaps.

2. Terbentuknya Balon Besar Di Paru-Paru

Komplikasi penyakit emfisema paru selanjutnya adalah Giant Bullae atau terbentuknya balon besar pada paru-paru. Emfisema dapat berkembang dan menyebabkan munculnya ruang kosong pada paru-paru dan inilah yang dinamakan bula raksaka.

Ukurannya bisa sangat besar, bahkan sebesar paru itu sendiri dan memenuhi rongga dada. Kondisi ini dapat memberikan tekanan pada paru dan penderita akan mengalami gangguan pernapasan yang berakibat fatal.

3. Gangguan Jantung Akibat Kerusakan Paru

Jangan di sepelekan, ya. Emfisema paru juga dapat menyebabkan gangguan jantung, lho. Gangguan pada jantung ini di picu oleh adanya peningkatan tekanan pada arteri yang membuat paru-paru serta jantung terhubung. Kondisi tersebut juga yang menjadi penyebab bagian dari jantung melemah dan mengembang.

Komplikasi penyakit emfisema paru di atas sangat berbahaya dan bisa berakibat fatal. Maka dari itu, saat Anda terdiagnosis menderita emfisema paru, segera lakukan pengobatan.

Pengobatan emfisema paru yang dilakukan sedini mungkin dapat meningkatkan peluang Anda untuk sembuh dan pulih kembali.

Demikianlah informasi mengenai komplikasi emfisema paru di atas kami sampaikan. terima kasih sudah menyimak. Semoga, artikel ini membuat Anda lebih peduli lagi dengan kondisi kesehatan tubuh Anda.

Komplikasi Penyakit Emfisema Paru

Posted By : www.infeksiparuparu.azkaherbal.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *